Kebijakan Pendidikan di Purwakarta Patut Ditiru Nih!
Posted by Admin | Wed, 23 Aug 2017 12:11pm

1. Pemeriksaan pelajar merokok

Sedikitnya 400 orang pelajar Kabupaten Purwakarta mengikuti tes kesehatan mulut dan gigi sebagai tindak lanjut kebijakan larangan merokok bagi pelajar di Purwakarta.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pendidikan dan Olahraga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan memeriksa siswa yang diketahui menjadi perokok aktif pada pemeriksaan sebelumnya. 

2. Kelas khusus untuk siswa bandel

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyiapkan satu kelas khusus untuk membina siswa yang sulit ditangani pihak sekolah. Hal itu diungkapkannya setelah memergoki puluhan siswa SMP yang merokok dan bersiap tawuran.

"Nanti kelasnya di Dinas Pendidikan. Sekolah ini akan langsung ditangani Disdik," ujar Dedi di Purwakarta, Jumat (16/9/2016).

3. Larangan membawa kendaraan bermotor bagi pelajar

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, nampaknya tidak main-main menjalankan imbauan larangan pelajar membawa kendaraan bermotor ke sekolah. Imbauan tersebut kini ditindaklanjuti melalui surat edaran sebagai dasar hukum bagi pihak sekolah untuk menerapkan sanksi tegas bagi siswa yang membandel atau tidak mengindahkan imbauan.

4. Praktek lapangan bagi pelajar SMA

Puluhan pelajar SMA Negeri 2 Purwakarta mulai menjalani pelajaran matematika dan fisika aplikatif. Mereka diminta dilibatkan dan menghitung proyek pembangunan jalan Jatiluhur-Sukasari, di Kecamatan Babakan Cikao Kamis (15/9).

Mereka adalah pelajar kelas akhir jurusan IPA. Bertepatan dengan itu, mereka menjalani pelajaran matematika dan fisika.
Ide ini digagas Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menggandeng Dinas Bina Marga dan Pengairan Purwakarta (DBMP), Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) serta sejumlah gurudi SMA Negeri 2 Purwakarta.